Pentingnya Penggunaan Sunblock

 Selasa, 17 Maret 2015
Pentingnya Penggunaan Sunblock

Sunblock?  Pentingkah?

Di negara tropis ini matahari bersinar sepanjang tahun, memancarkan sinar UVA dan UVB.  Sinar UVA merupakan penyebab munculnya hiperpigmentasi berupa flek hitam, warna kulit yang tidak merata dan penuaan dini serta kanker kulit. Sedangkan UVB yang menyebabkan kulit menjadi terbakar.

Sinar UVB hanya membakar kulit apabila kita berada di bawah sinar matahari secara langsung. Namun UVA tetap dapat mempengaruhi kulit walaupun tidak terpapar secara langsung, misalnya saat kita berada di tempat teduh, di dalam mobil atau bahkan di dalam ruangan kerja kita. Itulah sebabnya sunblock wajib digunakan setiap hari, walaupun kita lebih sering berada di dalam ruangan.

Apabila kulit sering terpapar sinar matahari, akan menimbulkan flek hitam yang sangat sulit dihilangkan. Perawatan flek hitam hanya membantu memudarkan, namun nyaris tidak bisa dihilangkan sama sekali. Untuk itu jauh lebih baik mencegah dengan rutin menggunakan sunblock setiap hari.

Sunblock yang baik adalah yg menggunakan bahan aktif yang sifatnya physical , yakni melindungi kulit di permukaan dengan memantulkan sinar UV, bukan yang bersifat chemical dimana bahan tersebut menyerap ke dalam kulit dan menyerap sinar UV dari dalam. Penggunaan chemical sunscreen berisiko menimbulkan alergi, menyebabkan gangguan hormone dan system reproduksi. Lebih bagus lagi jika bahan inaktifnya juga natural, tanpa bahan pengawet dan alcohol, sehingga lembut di kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

Sunblock natural juga memiliki keuntungan lain, selain lebih sehat, yakni lebih praktis karena sudah sekaligus melembabkan dan merawat kulit dengan kandungan bahan alaminya, sehingga tidak perlu lagi menggunakan pelembab dan sunblock secara terpisah.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar



Kode Verifikasi


Facebook

Twitter